Yuk Kenali Tiga Tipe Anak Berkebutuhan Khusus Serta Gejalanya

Kenali Tiga Tipe Anak Berkebutuhan Khusus Serta Gejalanya

PEKANBARU – Apakah anda pernah mendengar tentang anak berkebutuhan khusus? Jika belum pernah mendengar atau mengetahui apa sih itu anak berkebutuhan khusus.

Pada acara Riau Online Podcats (ROLCAST), Selasa, 27 Oktober 2020, pukul 10.00 WIB, membahas tema ‘Gizi Anak Berkebutuhan Khusus Selama Pandemi Covid-19‘ dari Pusat Layanan Autis Provinsi Riau, di Jalan Arifin Ahmad, Jl Karya Bakti, Pekanbaru.

Dalam acara tersebut, diundang Tenaga Gizi Pusat Layanan Autis Dinas Pendidikan Bidang Pembinaan PKPLK Provinsi Riau, Mifta Hurahmah, S.Gz.

Ia menjelaskan, anak berkebutuhan khusus itu adalah anak yang memiliki tubuh yang tidak berfungsi dengan baik, atau semestinya.

Itu ada tiga tipe, yaitu ada yang kebutuhan khusus dari segi emosional, fisik, dan perilaku. Jadi, macam-macam, beda-beda,” kata Mifta Hurahmah.

Kalau untuk pelayanan down syndrome, pihaknya menuturkan, itu memang punya gangguan di emosional. Tapi, tidak untuk di Pusat Layanan Autis.

Kita fokus, di penanganan anak-anak autis, dia memang memiliki gangguan, tapi dia kita arahkan ke sekolah luar biasa, atau ke tempat terapi lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, kalau autis itu biasanya dia punya gejala-gejala tertentu, atau sama.

Kita contohkan, anak down syndrome, itu wajahnya biasa mirip,” jelasnya.

Kalau ngeliat, biasa beberapa anak dengan wajah yang mirip. Itu biasanya dengan diagnosa sama, itu down syndrome,” imbuhnya.

Ia mengatakan, tapi kalau anak autis itu wajahnya beda-beda kayak teman-teman kita biasanya.

Tapi, dia punya ledakan-ledakan emosional atau bisa disebut tantrum ledakan. Emosional itu terjadi karena beberapa hal, seperti biasanya tiba-tiba marah,” jelasnya.

Misalnya tiba-tiba energinya naik terus lari-lari sendiri. Atau kebiasaan lainnya, seperti menyiksa diri sendiri, membenturkan kepala ke dinding, mencari benda-benda keras untuk dibenturkan ke anggota tubuhnya.

Atau mencari objek lain, misalnya orang tua, teman, orang lain untuk menyampaikan emosinya,” pungkasnya. (riol)

You May Also Like

Penyusunan Modul Ajar

Penyusunan Modul Ajar

Cara membuat Modul Ajar Kurikulum Merdeka tidak jauh berbeda dengan cara menyusun RPP pada kurikulum K13. Letak perbedaannya hanya pada penyebutan perangkat pembelajaran saja. Tujuan pengembangan modul ajar untuk menyediakan perangkat ajar yang dapat memandu guru melaksanakan pembelajaran.

Penyusunan KOSP

Penyusunan KOSP

Penyusunan dokumen kurikulum operasional di satuan pendidikan dari awal, hendaknya dimulai dengan memahami secara utuh kerangka dasar kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, antara lain….

Penyusunan Modul P5

Penyusunan Modul P5

Cara Menyusun Modul Proyek P5 yang Mudah Dipahami — Tahapan atau Langkah Menyusun Modul Penguatan Projek Profill Pelajar Pancasila (P5) dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya serta dibutuhkan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran.

Pengertian dan Jenis-Jenis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Pengertian dan Jenis-Jenis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang membutuhkan pendidikan dan layanan khusus untuk mengoptimalkan potensi kemanusiaannya secara utuh akibat adanya perbedaan kondisi dengan kebanyakan anak lainnya. Di Indonesia sendiri, Pemerintah mengeluarkan pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) salah satunya sekolah inklusi.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *